Hukum Berbuka Dengan Sengaja Tanpa Sebab Syar’i - El Majalis

Breaking

Koleksi Sifa

Juni 28, 2013

Hukum Berbuka Dengan Sengaja Tanpa Sebab Syar’i

        
Berbuka puasa dengan sengaja
  Ada diantara kaum muslimin yang sengaja berbuka puasa tanpa ada sebab yang dibolehkan oleh syariat. Nah apakah hokumnya terkait hal tersebut.? Berikut penjelasannya.

1.     Berbuka puasa di bulan Romadhon dengan sengaja tanpa ada sebab syar’i merupakan salah satu dosa besar. Sebagaimana yang disebutkan  oleh Imam Adzahabi Text Box: v dalam kitab Al-Kabair (dosa-dosa besar): “Dosa besar yang kesepuluh adalah berbuka di bulan Romadhan tanpa ada sebab syar’i”. perkataan tersebut dikuatkan juga oleh Ibnu Al-Qoyyim Text Box: v dalam kitabnya I’lam Almuwaqqii’n.

2.     Di kitab tersebut imam Adzahabi Text Box: v juga bertutur: “Kaum mukminin telah menetapkan bahwa berbuka puasa di bulan Romadhon tanpa sakit atau sebab lain (yang syar’i) adalah lebih buruk dari pezina, peminum minuman keras, bahkan diragukan keislamannya…”.

Syaikh Abu Al-Abbas Ibnu Taimiyah Text Box: v berkata: “Apabila seseorang berbuka di bulan Romadhon sedang dia berkeyakinan bahwa hal itu halal dan ia tahu bahwa itu sesuatu yang haram, maka wajib dibunuh, dan jika dia fasik (tidak meyakini bahwa berbuka itu halal) maka ia diberi sanksi disebabkan berbuka di bulan Romadhon”.

Wallahu A’lam

Sumber: Kutaib: (تعلم فقه الصيام ( karya; Syaikh Maajid bin Su’ud dan artikel (مسالة في الصيام 70) karya; Syaikh Muhammad bin Sholeh Al-Munajjid ~

Tidak ada komentar:

Like and Share

test banner

Halaman