Kenalilah Nabimu..(1) - El Majalis

Breaking

Koleksi Sifa

Juni 23, 2013

Kenalilah Nabimu..(1)

Garis Keturunan Nabi SAW
Beliau adalah Abul Qoshim, Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muthollib bin Hasyim bin Manaf bin Qushay bin Kilab bin Murroh bin Ka’ab bin Luay bin Gholib bin Fihr bin Malik bin Nadhir bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudhor bin Nizar bin Ma’ad bin Adnan.
Inilah garis keturunan Nabi Saw yang disepakati oleh para ulama sejarah dan mereka pun bersepakat bahwa Adnan adalah termasuk anak Nabi Ismail as.
Nama-nama Nabi SAW
Di masyarakat umum, sering kita mendengar bahwa diantara nama Nabi Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam adalah Thoha, Yasin dan lain-lain. Nah, benarkah demikian..? Mari kita simak hadits berikut ini dimana Nabi Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menjelaskan tentang dirinya terkait dengan nama-nama yang beliau miliki.
Dari  Jubair bin Muth`im rd, bahwasanya Rasulullah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Sesungguhnya aku mempunyai beberapa nama, Aku adalah Muhammad, aku adalah Ahmad, aku adalah al-Mahi yaitu yang denganku Allah menghapus kekafiran, aku adalah al-Hasyir yaitu yang manusia dihimpun di atas jejakku, aku adalah al-‘Aqib yaitu yang tidak ada seorang nabi dan rasul sesudahnya.” (Muttafaqun ‘Alaih)
Dalam hadits lain disebutkan sebagaimana yang diriwayatkan melalui jalur Abu Musa al-Asy’ari rd, dia berkata, Rasullah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menamai dirinya kepada kita dengan beberapa nama, kemudian beliau Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Aku adalah Muhammad, Ahmad, al-Muqoffi, al-Hasyir, Nabiyut Taubah dan Nabiyyur Rohmah.” (HR. Muslim)
Dari kedua riwayat di atas menjadi jelas bagi kita bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam tidak pernah menamakan dirinya dengan nama Thoha atau yasin. Oleh kerena itu tidak perlu dan tidak sepatutnya bagi kita menamakan beliau dengan nama yang belum pernah beliau namakan dirinya dengan nama tersebut.
Kesuciaan Garis Keturunan Beliau SAW
Ketahuilah – semoga Allah merahmati kita – bahwa Nabi kita adalah makhluk yang mulia secara keseluruhannya. Allah swt telah memelihara kedua orang tua beliau dari perbuatan zina. Maka, beliau dilahirkan dari pernikahan yang sah bukan hasil zina.
Dari Watsilah bin Al-Asqo rd, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Sesungguhnya Allah telah memilih Ismail as dari putra-putra Ibrohim as, dan memilih Kinanah dari anak cucu Ismail as, kemudian memilih Quraisy dari Bani Kinanah, lalu memilih Bani Hasyim dari Quraisy, serta memilih aku dari Bani Hasyim.” (HR. Muslim).
Tatkala Heraklius bertanya kepada Abu Sufyan rd tentang nasab Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, Abu Sufyan rd menjawab: “Beliau memiliki nasab (yang baik) di antara kita.” Kemudian Heraklius berkata: “Demikianlah, para Rasul diutus dengan nasab kaumnya.” (HR. Al-Bukhari)
Sumber: buku “Mengenal Rasulullah saw lebih dekat” disusun oleh tim Qiamul `Ilmi Darul Wathan.
Bersambung insya Allah...!!

Tidak ada komentar:

Like and Share

test banner

Halaman