Hukum Masuk Kamar Mandi Sementara Dalam Sakunya Ada Ayat al-Qur'an - El Majalis

Breaking

Koleksi Sifa

Mei 12, 2018

Hukum Masuk Kamar Mandi Sementara Dalam Sakunya Ada Ayat al-Qur'an

Hukum masuk kamar mandi sementara di dompetnya ada ayat dari Al-Qur’an. Apakah dibolehkan membawa ayat-ayat Al-Qu’ran di dompet dalam saku dan terkadang masuk ke kamar mandi dengannya?
 
Alhamdulillah
Diharamkan memasuki kamar mandi dengan mushaf atau sebagian darinya. Kecuali ada keperluan. Seperti khawatir hilang kalau ditinggalkan di luar.
 
Dalam kitab Kassyaful Qana, 1/60 dikatakan, “Diharamkan memasuki kamar mandi dengan (membawa) mushaf kecuali jika ada keperluan."
Dalam kitab ‘Al-Inshaf’ dikatakan, "Tidak diragukan lagi pengharamannya secara mutlak. Tidak seorang berakalpun yang diam dalam masalah ini. Saya katakana, sebagian mushaf hukumnya sama seperti mushaf penuh."
Silahkan melihat jawaban dari pertanyaan no. 42061
Sementara membawa ayat Al-Qur’an, kalau maksud membawa sebagian juz atau surat yang dicetak dari Al-Qur’an agar dapat membaca atau menghafalkannya, maka hal itu tidak mengapa. Akan tetapi tidak dibolehkan menyobeknya dari mushaf. Karena hal itu termasuk tidak menghormati Al-Qur’an. Kalau membawa ayat-ayat (Al-Qur’an) untuk mendapatkan barokah atau untuk menolak penyakit ‘ain’ atau semisalnya, maka dalam hal ini ada perbedaan di kalangan ahli ilmu. Yang terkuat adalah dilarang. Silahkan lihat jawaban soal no. 10543
Wallahu’alam
Sumber: Website ( الإسلام سؤال وجواب)  yang diasuh oleh Syaikh Muhammad Sholih al Munajjid  http://islamqa.info/id/103101

------------------------
Artikel:

www.elmajalis.com 

Tidak ada komentar:

Like and Share

test banner

Halaman