Keistimewaan Orang Berpuasa - El Majalis

Breaking

Koleksi Sifa

Mei 22, 2018

Keistimewaan Orang Berpuasa

Sahabat elmajalis yang berbahagia. Kethuilah bahwa puasa di bulan Romadhan merupakan salah satu rukun islam yang lima. Ibadah ini memiliki banyak keistimewaan yang hendaknya diketahui oleh setiap orang yang ingin kebaikan. Berikut ini akan disampaikan beberapa keutamaan puasa dan orang yang berpuasa.
      1. Puasa adalah sebab meraih ampunan Allah SWT
Seorang muslim yang melaksanakan ibadah puasa dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah swt, niscaya dia akan meraih ampunan dari Allah swt. 

Hal ini sesuai dengan sabda Nabi saw berikut ini;
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ  رضي الله عنه قَالَ، قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم : « مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ »
Dari Abu Hurairah rd berkata, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: ”Barang siapa puasa di bulan romadhan dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala, niscaya diampuni baginya dosa yang telah lalu.(HR. Bukhari dan Muslim)

     2. Puasa adalah salah satu sarana meraih ketakwaan
Sebagaimana yang telah dimaklumi bahwa diantara hikmah disyariatkannya puasa adalah agar orang yang berpuasa mampu meraih predikat taqwa.
Allah swt berfirman:
“Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana telah diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian, semoga kalian bertaqwa.” (QS. Al-Baqaroh: 183)
     
     3. Allah melipatgandakan pahala orang berpuasa
Pahala adalah salah satu motivasi bagi seorang muslim dalam beribadah kepada Allah swt. Dan pahala orang yang berpuasa akan dilipatgandakan oleh Allah swt. Rasulullah saw bersabda dalam hadits qudsi;
“Setiap amalan anak Adam untuknya kecuali puasa, sesungguhnya puasa untuk-Ku dan Aku yang akan membalasanya.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Para ulama menjelaskan bahwa sebenarnya semua amalan setiap hamba akan diberi ganjarannya oleh Allah swt. Adapun penyandaran puasa kepada-Nya menunjukkan keagungan dan kemuliaan ibadah puasa.
     
     4. Allah menyediakan pintu khusus di surga bagi yang berpuasa
Surga yang penuh kenikmatan tiada tara memiliki pintu-pintu, diantaranya ada pintu yang namanya Ar-Rayyan yang hanya dikhususkan bagi orang yang berpusa.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersada:
“Sesungguhnya di surga ada sebuah pintu yang disebut Ar-Rayyan, yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa pada hari kiamat kelak, tidak ada yang masuk lewat pintu itu kecuali orang yang berpuasa. Dikatakan, Diaman orang –orang yang berpuasa? Lantas mereka berdiri dan tidak masuk lewat pintu tersebut kecuali mereka, apabila mereka sudah masuk semua maka pintunya ditutup dan tidak ada seorang pun yang masuk setelah itu.” (HR. Bukhari dan Muslim)
     
    5. Doa yang berpuasa tidak ditolak
Diantara keistimewaan orang yang berpuasa adalah terkabulnya doa selama dia berpuasa.
Rasulullah saw bersabda:
" ثلاثة لا ترد دعوتهم : الصائم حين يفطر ، والإمام العادل ، ودعوة المظلوم
“Ada tiga yang doanya tidak ditolak mereka, Orang yang sedang berpuasa sampai ia berbuka, doa orang pemimipin yang adil dan doa orang yang terdholimi.” (HR. At-Tirmidzi)
      
      6. Puasa adalah perisai bagi orang yang berpuasa
Ya, ia akan menjadi penghalang seseorang dari melakukan keburukan dan kemaksiatan. Rasulullah saw bersabda:
 “Puasa adalah perisai”. (HR. Bukhari dan Muslim)
Demikian diantara keistimewaan yang kan diraih oleh orang-orang yang berpuasa dengan penuh keimanan dan pengharapan dari Allah swt. Semoga kita semua dicatat sebagai hamba-Nya yang ikhlas dalam beribadah kepada-Nya.

==========================

Artikel: 

www.elmajalis.com



 



Tidak ada komentar:

Like and Share

test banner

Halaman