Minum Karena Tidak Tahu Padahal Sudah Terbit Fajar - El Majalis

Breaking

Koleksi Sifa

Juli 05, 2013

Minum Karena Tidak Tahu Padahal Sudah Terbit Fajar

minum pada waktu adzan
Soal: Saya bangun untuk makan sahur dan saya tidak tahu bahwa waktu (shubuh) telah masuk, kemudian saya mimum segelas air, ternyata (setelah saya minum) jelaslah bagi saya bahwa waktu shubuh telah masuk beberapa waktu sebelumnya.
Apakah puasa saya batal kerana perbuatanku tersebut? Mengingat puasaku saat itu puasa sunnah bukan wajib? Jazakumullahu khairan.
Jawab: Apabila anda makan dan minum setelah terbit fajar sedang anda dalam kondisi tidak tahu tentang terbitnya fajar, maka sesungguhnya tidak ada dosa bagimu, dan tidak ada qodha. Berdasarkan keumuman dalil-dalil yang menjelaskan bahwa seseorang tidak disiksa karena jahil dan lupa.
Telah disebutkan dalam shahih Bukhari, bahwasanya Asma’ binti Abu Bakar rd berkata: “Kami pernah berbuka pada zaman Nabi saw pada hari saat (langit) sedang mendung kemudian matahari muncul lagi.”
Dan mereka tidak diperintah untuk mengqadho (puasa hari tersebut), seandainya qodha itu wajib (bagi mereka) tentu Nabi saw telah menyampaikan hal itu kepada umatnya, dan pasti (hal tersebut) dinukil kepada kita. Maka ketika hal itu (tidak adanya perintah mengqadho) telah menjadi bagian dari syariat Allah, sedang syariat Allah terjaga dan pasti dinukil dan dipahami.
Begitu juga halnya apabila seseorang makan dalam keadaan lupa sedang dia berpuasa, maka sesungguhnya tidak ada qadho baginya.
Berdasarkan hadits Abu Hurairah rd, Bahwa Nabi saw bersabda: “Barangsiapa lupa kemudian dia makan atau minum maka hendaklah dia menyempurnakan puasanya karena sesungguhnya Allah yang telah mengaruniai nya makan dan minum.” (HR. Bukhari dan Muslim).
~ Kitab Ad-Dakwah (5) Syaikh Muhammad bin Sholeh al-‘Utsaimin, hal: 162-163/2 ~

Tidak ada komentar:

Like and Share

test banner

Halaman