Seputar Puasa Ibu Hamil dan Menyusui. - El Majalis

Breaking

Koleksi Sifa

Juni 08, 2018

Seputar Puasa Ibu Hamil dan Menyusui.


Di realita masyarakat khususnya para wanita yang sedang hamil atau menyusui sering timbul permasalahan-permasalahan terkait dengan puasanya antara lain sebagai berikut:

1. Apabila ibu hamil dan yang menyusui khawatir akan dirinya saja, atau khawatir akan anaknya saja atau dirinya dan anaknya, maka dibolehkan bagi keduanya berbuka dan mengqodho’ sebanyak hari ia berbuka. Berdasarkan sabda Nabi :“Sesungguhnya Allah meringankan bagi musafir puasa dan setengah sholat (yang empat rokaa’t) dan bagi ibu hamil dan yang menyusui puasa”. (HR. At-Tirmidzi).

2. Barangsiapa yang perlu berbuka guna menjauhkan atau menghindarkan bahaya dari orang lain seperti menyelamatkan jiwa yang ma’sum (terpelihara) dari kebakaran, tenggelam, reruntuhan atau semisalnya, maka dibolehkan baginya berbuka.

3. Namun apabila tidak bisa dilakukan hal itu kecuali dengan berbuka, maka wajib baginya berbuka saat itu dan mengqodho’nya pada hari yang lain. Begitu juga halnya para mujahidin di jalan Alloh, apabila mereka perlu berbuka (agar lebih kuat), maka boleh bagi mereka berbuka dan mengqodho’ puasa yang ditinggalkannya.

4. Setiap orang yang dibolehkan untuk berbuka, tidaklah mengapa kalau berbuka dengan terang-terangan selama sebabnya nampak seperti sakit. Tetapi jika sebabnya tersembunyi seperti haid hendaknya tidak berbuka secara terang-terangan karena dikhawatirkan ada yang berburuk sangka dan menjadi fitnah bagi orang yang tidak tahu, lalu mereka menganggap bahwa boleh berbuka tanpa ‘uzur atau halangan.

~ Sumber: Buku (تعلم فقه الصيام ( karya; Syaikh Maajid bin Su’ud dan artikel (مسالة في الصيام 70) karya; Syaikh Muhammad bin Sholeh Al-Munajjid ~


Tidak ada komentar:

Like and Share

test banner

Halaman