Seputar Puasa Orang Pingsan. - El Majalis

Breaking

Koleksi Sifa

Juli 12, 2013

Seputar Puasa Orang Pingsan.

Seputar puasa orang pingsan
Terkadang ada diantara kaum muslimin, jika ia berpuasa ia pingsan atau ada yang tertimpa musibah yang terkadang menyebabkan ia pingsan atau tidak sadarkan diri dan dalam menyikapi hal tersebut muncul beberapa permasalahan yaitu:

1.     Apabila puasa bisa menyebababkan ia pingsan, maka boleh baginya berbuka dan wajib mengqodho’nya jika masalah tersebut sudah hilang.
2.     Apabila pingsan di siang hari kemudian sadar sebelum matahari terbenam atau sesudahnya, maka puasanya sah selama di pagi harinya dalam keadaan berpuasa. Apabila pingsan dari terbit fajar sampai magrib (terbenam matahari) menurut pendapat mayoritas para ulama puasanya tidak sah.
3.     Adapun berkenaan dengan qodho’ orang yang pingsan. Wajib baginya mengqodho’ puasa (jika sudah sadar) menurut pendapat mayoritas para ulama secara mutlak.  Adapun sebagian ulama yang lain berpandangan bahwa kalau pingsan lebih dari tiga hari maka tidak ada qodho’ baginya, karena dianggap kondisinya sama seperti orang gila.
4.     Dan barangsiapa meninggal dunia di pertengahan bulan Romadhon, maka tidak ada kewajiban apapun atasnya juga para walinya berkenaan dengan sisa bulan tersebut.

Tidak ada komentar:

Like and Share

test banner

Halaman