Soal Jawab Seputar Siroh Nabi (1) - El Majalis

Breaking

Koleksi Sifa

Juli 07, 2013

Soal Jawab Seputar Siroh Nabi (1)

Salah satu bukti kecintaan seorang hamba kepada Rasulullah saw adalah membaca dan mmpelajari tentang biografi dan perjalanan hidup beliau saw. Menyajikan materi dengan metode tanya jawab adalah salah satu metode yang telah diajarkan oleh Rasulullah saw.

1.      Siapa nama bapak Nabi saw dan berapa umur Nabi saw ketika bapaknya meninggal dunia?
Jawab: Nama bapak Nabi saw adalah Abdullah, ketika beliau (Abdullah) wafat, Nabi saw masih dalam kandungan ibunya.
2.      Siapa nama ibu Nabi saw dan berapa umurnya dikala ibunya meninggal dunia serta dimana tempat ibunya meninggal?
Jawab: Nama ibu Nabi saw adalah Aminah binti Wahb dari Bani Zahrah, Aminah wafat di saat Nabi saw berumur 6 tahun dan beliau wafat di sebuah tempat antara Mekkah dan Madinah yang dikenal dengan nama Al-Abwa’.
3.      Sebutkan nasab atau garis keturunan Nabi saw yang telah disepakati kesahihannya dan dari kabilah manakah beliau berasal?
Jawab: Nasab Nabi saw yang desepakati adalah Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muthollib bin Hasyim bin Abdu Manaf  bin Qushai bin Kilab bin Murrah bin Ka’b bin Luai bin Gholib bin Fihr bin Malik bin Nadhr bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudhor bin Nizar bin Ma’ad bin Adnan dan Nabi saw berasal dari kabilah Quraisy.
4.      Kapan Nabi saw dilahirkan?
Jawab: Nabi saw dilahirkan pada hari Senin bulan Robi’ul awal bertepatan dengan bulan April tahun 571 M. Adapun terkait dengan tanggalnya, para ulama sejarah telah berbeda pendapat, diantara mereka ada yang mengatakan tanggal 2, 8, 10 dan 12.
5.      Apa nama tahun dimana Nabi saw dilahirkan?
Jawab: Tahun dilahirkannya Nabi saw disebut tahun Gajah, karena pada tahun itu raja Abrahah dari Habasyah dengan pasukan yang besar ingin menyerang Mekkah. Raja Abrahah menunggang gajah yang besar untuk menghancurkan Ka’bah, maka Allah swt mengirim kepada mereka burung yang berkelompok-kelompok yang melempari mereka dengan batu yang panas hingga mereka binasa, kemudian Allah swt menurunkan surat al-Fil yang berjumlah lima ayat tentang peristiwa tersebut.
6.      Dimanakah tempat kelahiran dan wafatnya Nabi saw ?
Jawab: Nabi saw dilahirkan di kota Mekkah dan wafatnya di kota Madinah
7.      Siapakah yang menyusui Nab saw  ?
Jawab: Yang menyusui Nabi saw adalah Suwaibah pelayan Abu Lahab, dia menyusuinya hanya beberapa hari saja, kemudian Nabi saw disusui oleh Halimah as-Sa’diyah.
8.      Sipakah pengasuh Nabi saw dan saudarinya sepersusuan?
Jawab: Pengasuhnya adalah Ummu Aiman sedangkan saudarinya sepersusuan adalah Syaima’
9.      Siapakah yang memelihara Nabi saw setelah wafat ibunya dan berapa umurnya dikala itu?
Jawab: Yang memelihara Nabi saw setelah ibunya meninggal adalah Abdul Muthollib sedang umur Nabi saw saat itu adalah 6 tahun.
10.  Siapa yang memelihara Nabi saw setelah wafatnya Abdul Muthollib dan berapa umur Nabi saw ketika itu?
Jawab: Yang memelihara Nabi saw setelah Abdul Muthollib meninggal adalah pamannya yang bernama Abu Tholib dan saat itu Nabi saw berumur 8 tahun.
11.   Sebutkan nama-nama Nabi Muhammad saw yang pernah beliau sebutkan?
Jawab: Nama-nama Nabi saw yang khusus baginya adalah Muhammad, Ahmad, Al-‘Aqib, Al-Hasyir, Al-Muqfi, Al-Mahi dan Nabi Al-Malhamah.

Tidak ada komentar:

Like and Share

test banner

Halaman