Hakikat Iman Kepada Allah SWT - El Majalis

Breaking

Koleksi Sifa

Agustus 19, 2013

Hakikat Iman Kepada Allah SWT

Pada tulisan kali ini, saya akan menyajikan secara global dan ringkas tentang hakikat iman kita kepada Allah SWT. Unsur apa saja yang harus kita imani sehingga kita menjadi orang yang benar keimanannya kepada Allah swt. lanjutkan membaca ......
 
Saudaraku seiman....!!
Ketahuilah bahwa salah satu rukun iman yang harus diimani dan diyakini oleh seorang hamba adalah iman kepada Allah SWT. Iman kepada Allah swt akan sempurna dan dianggab sah jika sese...orang beriman kepada empat unsur utama berikut ini:

1. Iman kepada wujudnya Allah swt.
Seorang muslim harus meyakini dengan pasti tanpa tercampur sedikitpun keraguan di dalamnya akan keberadaan Allah swt, sang pencipta alam semesta, langit dan bumi beserta isi keduanya.
Adanya alam semesta yang tersusun dan tertata sedemikian rupa dan rapi adalah bukti ril dan nyata akan keradaan Allah swt.

2. Iman kepada Uluhiyah-Nya.
Keimanan seseorang kepada wujudnya Allah harus disertai dengan keimanan kepada hak-hak ketuhanan-Nya. Dengan kata lain, seorang hamba harus mengakui bahwa Allah-lah satu-satu ilah atau sesembahan yang berhak disembah dan diibadahi dan mengingkari semua sesembahan selain Allah swt.

Dan hal inilah yang diingkari oleh kaum musyrikin pada zaman Nabi shollallahu 'alaihi wasallam.

3. Iman kepada Rububiyah-Nya.
Iman kepada Rububiyah-Nya berarti meyakini bahwa Allah-lah satu-satunya Dzat yang menciptkan, memberi rizki, memberikan keturunan, mendatangkan bahaya dan manfaat, menghidupkan dan mematikan serta perbuatan-perbuatan ketuhanan lainnya.

4. Iman kepada Asma' dan Sifat-Nya.
Iman kepada asma' dan sifat-Nya berarti meyakini bahwa Allah swt mempunyai nama-nama dan sifat-sifat yang maha indah, mulia lagi sempurna, dengan tanpa diseratai tho'thil (meniadakan), takwil (memalingkan makna yang asli dan benar kepada makna yang lain), takyif (memvisualisasikan), tamtsil (menyerupakan Allah dengan makhluk-Nya) dan tahrif (merubah makna).

Inilah cakupan iman kepada Allah swt yang harus diimani secara pasti tanpa ada sedikitpun keraguan di dalamnya.

Semoga paparan singkat ini bisa bermanfaat terutama bagi penulis sendiri dan juga bagi para pembaca sekalian..

Wallahu A'lam
 
Oleh: Ahmad Jamaluddin, Lc


 Note: Tolong di-share jika tulisan ini bermanfaat.

Terimakasih atas kunjungannya.

Tidak ada komentar:

Like and Share

test banner

Halaman