Mutiara Ayat Tentang Keutamaan Ilmu dan Ulama - El Majalis

Breaking

Koleksi Sifa

Januari 10, 2014

Mutiara Ayat Tentang Keutamaan Ilmu dan Ulama

Setiap ayat atau hadits yang menjelaskan tentang keutamaan ilmu dan ulama, maka yang dimaksud adalah ilmu tentang agama Islam mencakup perkara keyakinan dan syari’at yang bersifat amaliyah.
Diantara ayat al-Qur’an yang menjelaskan tentang keutamaan ilmu dan ulama adalah sebagai berikut:
1.      Ayat Pertama
﴿قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَالَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُولُو الْأَلْبَابِ﴾ِ
“Katakanlah: "Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?" Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran.” (QS. Az-Zumar: 9)
2.      Ayat Kedua
﴿يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ ﴾ِ
“Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepada kalian: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untuk kalian. dan apabila dikatakan: "Berdirilah kalian", Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Mujadilah: 11)
Ibnu Mas’ud rd bekata: “Allah swt memuji paa ulama dalam ayat ini.”
Al-Qurtubi rh berkata: “Makna yang tepat tentang ayat ini adalah pertama Allah mengangkat derajat orang mukmin dengan keimanannya dan kedua karena ilmunya.”
Assa’dy rh berkata: “Allah swt mengangkat orang yang berilmu dan beriman beberapa derajat tergantung pada tingkat kualitas ilmu dan iman yang  mereka miliki.”
3.      Ayat ketiga
﴿وَقُلْ رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا ﴾ِ
“Dan Katakanlah: "Wahai Robbku, tambahkanlah kepadaku ilmu (Dien)." (QS. Thoha: 113)
Ibnu Mas’ud rd  ketika membaca ayat ini, ia berkata: “Ya Allah tambahkanlah kepada keimanan dan keyakinan.”
 
Ibnu Hajar rh bertutur: “Cukuplah ayat ini menjadi dalil tentang keutamaan ilmu.” Atau perkataan yang seumpamanya.
 
Allah tidak pernah memerintahkan Nabi-Nya untuk meminta tambahan selain ilmu.
 
4.      Ayat keempat
 
﴿إنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ غَفُورٌ ﴾ِ
“Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” (QS. Fathir: 28)
As-Sa’dy rh berkata dalam kitab tafsirnya:
 “Maka setiap pengetahuan seseorang  tentang Allah itu bertambah, maka bertambah pula rasa takutnya kepada-Nya. Kemudian khasyyah (rasa takut) itu akan mencegah dirinya dari berbuat maksiat serta tergerak untuk bersiap2 berjumpa dengan Dzat yang ia takuti (yaitu Allah). Dan ini merupakan dalil terhadap keutamaan ilmu, karena ilmu akan mengajak kepada khaysyyah (rasa takut)...”
Semoga ayat2 tersebut memberika motivasi baru kepada kita untuk lebih semangat lagi untuk menuntut ilmu keislaman. Bukan berarti kita dilarang untuk menuntut ilmu keduaniaan, bahkan ilmu dunia pun terkadang menjadi fardhu ien (wajib kolektif) untuk menuntutnya jika hal itu akan membawa manfaat bagi Islam dan kaum muslimin.
Oleh: Abu Umair 
 
Wallahu A’lam
 
 
 

Tidak ada komentar:

Like and Share

test banner

Halaman