Sunnahkah Memberi Salam kepada Anak Kecil ?? - El Majalis

Breaking

Koleksi Sifa

Januari 01, 2015

Sunnahkah Memberi Salam kepada Anak Kecil ??


Salah satu sunnah atau syiar islam adalah memberi salam kepada sesama muslim. Bukan hanya antara sesama muslim yang sudah dewasa, Islampun menganjurkan untuk mengucapkan salam sampai kepda anak-anak. Akan tetapi pada zaman sekarang, hal ini sudah kurang diperhatikan oleh sebagian kaum muslimin. Bisa jadi diantara kaum muslimin ada yang menganggab remeh atau spele hal ini, padahal memberi salam kepada anak-anak sudah pernah dicontohkan oleh manusia terbaik yaitu Rasulullah dan juga sahabat Anas bin Malik.
Perhatikanlah hadits berikut ini:
وعَنْ أَنَسِ رضي الله عنه: أنَّهُ مَرَّ عَلَى صِبْيَانٍ، فَسَلَّمَ عَلَيْهِمْ، وقال: كَانَ النبيُّ صلى الله عليه وسلم يَفْعَلُهُ. متفقٌ عَلَيْهِ .
Artinya: Dari Anas a bahwasanya beliau (Anas) pernah melewati sekelompok anak kecil lantas beliau mengucapkan salam kepada mereka dan kemudian berkata: Dulu Nabi n melakukan hal seperti ini.” (Muttafun’alaih)
Syarah Ringkas:
Para shahabat Nabi n adalah orang-orang yang paling semangat dalam mengikuti sikap dan tingkah laku Rasulullah n. Akhlak mulia Rasulullah n yang begitu harum mereka serap dengan baik dan antusias kemudian mereka terapkan dalam keseharian mereka. Diantara akhlak mulia yang mereka teladani dan ikuti dari beliau adalah sikap tawadhunya Rasulullah n. Anas bin Malik a merupakan salah satu dari sekian para shahabat yang mempraktekkan sikap tawadhu tersebut kepada anak-anak kecil dengan cara memberi salam kepada mereka dimana beliau melakukan hal ini karena beliau melihat Rasulullah n melakukan hal ini.
Faidah Hadits:
1.       Indahnya sikap tawadhu’ Nabi n dan para shahabatnya.
2.       Salah satu bentuk sikap tawadhu’ adalah memberi salam kepada anak kecil.
3.       Sunnahnya memberi salam meskipun kepada anak-anak.
4.       Antusias sahabat untuk mengikuti petunjuk Nabi.
======================
By: Abu Umair Al Atjehi, Lc 
Artikel: www.elmajalis.com

Tidak ada komentar:

Like and Share

test banner

Halaman