Kumpulan Mutiara Salaf (1) - El Majalis

Breaking

Koleksi Sifa

Januari 20, 2018

Kumpulan Mutiara Salaf (1)


Kumpulan Mutiara Salaf (1)

Sahabat elMajalis yang budiman..!

Pada edisi kali ini, penulis mengajak sahabat sekalian untuk sejenak merenungi dan meresapi beberapa petuah atau nasehat dari para ulama salaf kita. Mereka telah tiada jauh sebelum kita ada, mereka telah mengisi masa hidup mereka dengan ketaatan dan kemulian. Mereka telah mewarisi kepada kita ilmu-ilmu yang sangat kita butuhkan, petuah-petuah yang sarat dengan makna dan pelajaran. Oleh karena itu, sudah sepatutnya bagi kita untuk membaca dan mendengar pesan-pesan mereka.

1. Imam Ahmad Rahimahullah ditanya, kapan seorang hamba dapat merasakan ketenangan, beliau menjawab, “ketika dia pertama kali meletakkan kakinya di surga”.

2. Hasan Al-Bashri t berkata: “Dunia itu tiga hari, Adapun hari kemaren, maka ia telah berlalu. Sedang hari esok, bisa jadi kamu tidak menemuinya, adapun hari ini, ia adalah milikmu maka beramallah kamu pada hari tersebut”.

3. Imam Ahmad Rahimahullah berkata: “Tidaklah aku menulis satu hadits dari Nabi n melainkan aku mengamalkannya, sampai pada satu hari aku menulis satu hadits yang menjelaskan bahwa, “Nabi n berbekam lalu memberikan Abu Taibah sebagai tukang bekam satu dinar,” maka akupun berbekam kemudian aku memberikan tukang bekam satu dinar.”
4. Ibnu Qaiyyim Rahimahullah berkata: "Menyia-nyiakan waktu itu lebih dahsyat (bahaya) daripada kematian, karena menyia-nyiakan waktu dapat memutuskan hubunganmu dengan Allah dan hari akhirat sedangkan kematian hanya memutuskanmu dari dunia dan penduduknya."

5. Sufyan bin ‘Uyainah Rahimahullah berkata: “Sembunyikan kebaikanmu sebagaimana kamu menyembunyikan keburukanmu.”

6. Atho’ Rahimahullah berkata: “Sungguh seorang lelaki pernah menyampaikan kepadaku satu hadits, maka akupun menyimaknya seakan-akan aku belum mendengarnya, padahal aku telah mendengar hadits tersebut sebelum dia dilahirkan."

Ini beberapa mutiara nasehat ulama salaf pada edisi pertama ini semoga bisa bermanfaat bagi sahabat sekalian. Nantikan edisi berikutnya..!

By: Abu Umair Al-Atjehi

Artikel: www.elmajalis.com

Tidak ada komentar:

Like and Share

test banner

Halaman