Tata Cara Sholat Gerhana - El Majalis

Breaking

Koleksi Sifa

Juli 26, 2018

Tata Cara Sholat Gerhana


Sahabat elMajalis yang berbahagia. Perlu diketahui bahwa sholat gerhana memiliki beberapa perbedaan dalam hal tata cara pelaksanaannya dengan keumuman sholat lainnya. 
Dalam sebuah hadits yang diriwayat oleh imam al Bukhari dan Muslim melalui jalur Aisyah radiallahu an'ha, dia (Aisyah) menceritakan secara global tentang tata cara sholat gerhana yang pernah dilakukan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.
Berikut ini saya akan jabarkan secara singkat tentang tata cara sholat gerhana. Secara umum sholat gerhana berjumlah 2 rakaat, 4 kali ruku’ 4 kali berdiri (baca al fatihah dan surat) dan 4 kali sujud dengan 2 kali salam atau dengan kata lain bisa kita katakan setiap 1 rakaat terdapat 2 kali berdiri, 2 kali ruku’ dan 2 kali sujud. Untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan berikut ini.
1.  Niat di dalam hati kemudian melakukan takbiratul ihram sebagaimana halnya sholat lainnya. Lalu membaca doa iftitah kemudian ta’awuzd.
2. Membaca surat al-Fatihah dan surat dengan dikeraskan suaranya (jahr). Surat yang hendaknya surat yang panjang (tidak ada ketentuan surat yang dibaca, tapi yang jelas surat yang panjang). Kemudian Ruku’ dengan memperlama ruku’nya (membaca tasbih yang banyak) kemudian,
3.  I’tididal seraya mengucapakan “sami’allahu liman hamidah, rabbna walakal hamd”, kemudian membaca al fatihah lagi dan surat. Hanya saja surat yang dibaca tidak sepanjang surat yang pertama.
4.   Kemudian ruku’ lagi seraya bertakbir dan memperlama ruku’nya tapi tidak selama yang pertama.
5.  I’tididal seraya mengucapakan “sami’allahu liman hamidah rabbna walakal hamd”, kemudian bertakbir untuk sujud.
6.  Ketika sujud juga dianjurkan memperlama sujudnya kemudian bertakbir lalu duduk diantara dua sujud seperti sholat lainnya kemudian sujud lagi dengan memperlama tapi tidak selama sujud pertama.
7.     Kemudian bangkit seraya bertakbir untuk melanjutkan rakaat kedua.
8.     Rakaat kedua seperti halnya rakaat yang pertama dengan dua kali berdiri, ruku’ dan sujud. Dengan memperpanjang bacaan surat dan memperlama ruku’ dan sujud tapi tdak sepanjang dan selama rakaat pertama.
9.     Kemudian diakhiri dengan salam
  Demikianlah tata cara sholat gerhana secara singkat, mudah-mudahan bisa dipahami oleh sahabat sekalian.
    ================= 
    By: Abu Umair Al Atjehi, Lc.
    Artikel: www.elmajalis.com

Tidak ada komentar:

Like and Share

test banner

Halaman