Anda Bertanya Al-Qur'an Menjawab (1) - El Majalis

Breaking

Koleksi Sifa

Februari 08, 2018

Anda Bertanya Al-Qur'an Menjawab (1)



Sahabat elMajalis yang dirahmati Allah. Sebagaimana yang sudah kita maklumi bahwasanya al-Qur’an adalah panduan dan petunjuk hidup bagi setiap manusia di manapun mereka berada dan di zaman kapanpun mereka hidup. Oleh karena itu, setiap permasalahan yang dihadapi oleh manusia dalam menjalani hidupnya pasti ada jawabannya atau solusinya dari al-Quran baik itu jawaban secara terperinci atau secara umum. Berikut ini saya mencoba untuk menyajikan petunjuk al-Quran dalam bentuk tanya jawab semoga lebih mudah dipahami dan bermanfaat bagi pembaca sekalian. Selamat membaca..!
1.     Apakah tujuan diciptakan jin dan manusia?
Jawab: Allah swt berfirman:
﴿وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ﴾
“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.” (QS. Adz-Dzariyat: 56)
2.     Sebutkan ayat yang menyatakan bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam adalah penutup para Nabi.!
Jawab: Allah swt berfirman:
﴿مَا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَا أَحَدٍ مِنْ رِجَالِكُمْ وَلَكِنْ رَسُولَ اللَّهِ وَخَاتَمَ النَّبِيِّينَ وَكَانَ اللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمًا﴾
“Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kalian, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS. Al-Ahzab: 40)
3.     Sebutkan ayat yang menegaskan bahwa apa yg diperintahkan oleh Nabi shallallahu alaihi wasallam harus dilaksanakan dan apa yg dilarang olehnya harus ditinggalkan.!
Jawab: Allah swt berfirman:
﴿وَمَا آتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانْتَهُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ﴾
“Apa yang diberikan Rasul kepada kalian, maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagi kalian, maka tinggalkanlah. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah amat keras hukumannya.” (QS. Al-Hasyr: 7)
4.     Benarkah bahwa Allah swt tdk akan mengampuni dosa syrik jika pelakunya tidak bertaubat?
Jawab: Allah swt berfirman:
﴿إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدِ افْتَرَى إِثْمًا عَظِيمًا﴾
“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.” (QS. An-Nisa’: 48)
5.     Benarkah orang yang mati dalam kesyirikan diharamkan baginya surga?
Jawab: Allah swt berfirman:
﴿إِنَّهُ مَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوَاهُ النَّارُ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ أَنْصَارٍ﴾
“Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun.” (QS. Al-Maidah: 72)

~ Bersambung …….!!!
 ==============================================
Oleh: Ahmad Jamaluddin Al Atjehi, Lc
Ditulis malam Jum’at 9 Februari 2018 di SMA SUIS Boarding School Bogor


Artikel: www.elmajalis.com



Tidak ada komentar:

Like and Share

test banner

Halaman