Urgensi Memahami Asmaul Husna (Nama-Nama Allah Yang Indah) - El Majalis

Breaking

Koleksi Sifa

April 21, 2018

Urgensi Memahami Asmaul Husna (Nama-Nama Allah Yang Indah)




Sahabat elMajalis. Ketahuilah bahwa salah satu perkara yang harus kita ilmui dan pahami adalah mengenal Allah swt yang kita sembah melalui nama-nama-Nya yang indah dan sempurna. Mengenal akan nama-nama Allah merupakan hal yang sangat penting. Untuk lebih jelasnya, perhatikan paparan berikut ini secara seksama dan konsentrasi. Semoga bisa menjadi pemacu sahabat untuk lebih mengenal Allah swt.
Sesungguhnya mengenal nama-nama Allah merupakan hal yang sangat penting lagi mendesak bagi seorang muslim. Karena pengetahuan akan Allah, nama-nama, sifat-sifat dan perbuatan-perbuatan-Nya merupakan ilmu yang paling agung lagi mulia.

Seorang hamba yang menyibukkan diri dalam memahami ilmu ini dan menyelami kandungan yang terdapat di dalamnya, berarti telah menyibukkan diri dalam hal yang paling luhur. Karenanya, Nabi shallallahu alaihi wasallam memberikan perhatian besar terhadapnya dan menjelaskan hal ini kepada para sahabatnya secara mendalam, sehingga tidak kita temukan adanya perbedaan pendapat di antara mereka dalam hal ini, sebagaimana mereka berbeda pendapat dalam masalah hukum.

Dengan mengenal Allah, seorang hamba akan terpanggil untuk memberikan rasa cinta, takut, harap dan keikhlasan dalam perbuatan yang dilakukannya kepada Allah semata. Itulah kebahagiaan yang sesungguhnya. Dan tida ada jalan untuk mengenal Allah kecuali dengan mengenal dan memahami secara mendalam Asmaul Husna (nama-nama Allah yang Indah).

Mengenal dan memahami Asmaul Husna akan membuat iman seorang hamba bertambah dan menjadi semakin kuat.

Syaikh Abdur Rahman As-Sa’dy rh mengatakan: “Sesungguhnya keimanan dan pengetahuan terhadap Asmaul Husna meliputi tiga macam tauhid; Tauhid Rububiyah, Tauhid Uluhiyah dan Tauhid Asma’ wa sifat,…. Setiap kali pengetahuan seornag hamba tentang nama-nama dan sifat-sifat Allah bertambah, maka semakin bertambah pulalah keimanannya dan semakin menguat keyakinannya.”*

Dari paparan di atas bisa kita tarik kesimpulan sebagai berikut;
   a. Mengenal dan memahami Asmaul Husna merupakan ilmu yang sangat penting dan agung
  b. Semakin bertambah engetahuan seseorang terhadap nama-nama Allah akan semakin bertambah pulalah rasa cinta, takut, harap serta keikhlasan dalam beribadah kepada-Nya. 
  c. Salah satu unsur keimanan kepada Allah adalah mengimani tentang Asma dan sifat-sifat-Nya. 
  d.  Ketika seseorang mengenal dan memahami Asmaul Husna maka bertambah keimanannya dan bertambah kuat keyakinannya serta lebih dekat dengan-Nya.
 
*(Disalin dari buku “Asmaul Husna”, Karya; Dr. Mahmud ‘Abdurraziq ar-Ridhwani)


Oleh: Ahmad Jamaluddin Al-Atjehi, Lc.
Artikel: www.elmajalis.com

Tidak ada komentar:

Like and Share

test banner

Halaman