Agar Setan Tidak Tertawa Ketika Anda Menguap - El Majalis

Breaking

Koleksi Sifa

April 18, 2018

Agar Setan Tidak Tertawa Ketika Anda Menguap


Salah satu hal yang sering dialami manusia dalam kesehariannya adalah menguap. Meskipun hal ini sepele dan mungkin dianggab hal biasa, tapi ternyata anggapan islam tidak demikian. Oleh karena itu Rasulullah shallallahu alaihi wasallam telah mengajarkan adab-adab yang hendaknya diperhatikan oleh seorang muslim ketika hendak menuap. Berikut ini beberapa adab yang hendaknya dilakukan ketika ingin menguap.


1. Disunnahkah menahan uapan kantuk, karena itu berasal dari setan; berdasarkan sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam

«التَّثَاؤُبُ مِنَ الشَّيْطَانِ فَإِذَا تَثَاءَبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَرُدَّهُ مَا اسْتَطَاعَ فَإِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا قَالَ هَا ضَحِكَ الشَّيْطَانُ»
“Menguap itu dari setan, maka apabila salah seorang diantara kalian ingin menguap maka hendaklah dia menahannya semaksimal mungkin karena jika salah seorang diantara kalian mengatakan haa, tertawalah setan.” (HR. Bukhari)

2. Apabila seseorang tidak mampu menahannya, maka hendaklah dia meletakkan kain atau tangannya pada mulutnya; berdasarkan sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam

« إِذَا تَثَاوَبَ أَحَدُكُمْ فَلْيُمْسِكْ بِيَدِهِ عَلَى فِيهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَدْخُلُ ».
“Apabila salah seornag diantara kalian ingin menguap maka hendaklah dia meletakkan tangan pada mulutnya karena setan akan masuk.” (HR.Muslim)

3. Orang yang sedang membaca al Qur’an hendaklah berhenti sejenak ketika menguap.

4. Banyak orang melakukan kekeliruan saat menguap yaitu mengucapkan (أعوذ بالله من الشيطان الرجيم), padahal ucapan ini tidak disyariatkan oleh Nabi shallallahu alaihi wasallam.

5. Sesungguhnya setan dapat masuk ke dalam rongga orang yang menguap. Nabi shallallahu alaihi wasallam  bersabda:

 «إِذَا تَثَاوَبَ أَحَدُكُمْ فِى الصَّلاَةِ فَلْيَكْظِمْ مَا اسْتَطَاعَ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَدْخُلُ ».
“Apabila salah seornag diantara kalian ingin menguap ketika sholat, maka hendaklah dia menahannya sebaisa mungkin karena setan akan masuk (melalui mulutnya). (HR. Muslim)

6. Menahan suaranya atau menguap tanpa mengeluarkan suara haa atau huu. Karena Rasulullah melarang hal tersebut.
« فَإِذَا تَثَاءَبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَرُدَّهُ مَا اسْتَطَاعَ وَلاَ يَقُولَنَّ : هَاهْ هَاهْ ، فَإِنَّمَا ذَلِكَ مِنَ الشَّيْطَانِ يَضْحَكُ مِنْهُ».
“Apabila salah seorang diantara kalian ingin menguap maka tahanlah semampunya dan janganlah dia mengatakan haah , haah, karena setan akan tertewa karena nya.” (HR. At Tirmidzi) 

Faidah: Alhafidz Ibnu Hajar rh berkata, yang beliau nukil dari sebagian ulama, “Di antara kekhususun nabi adalah bahwasanya beliau tidak pernah menguap sama sekali; karena menguap itu berasal dari setan.”


Demikian beberapa adab yang hendaknya diperhatikan dan diamalkan oleh seorang muslim ketika ingin menguap. Semoga bermanfaat.

Oleh: Ahmad Jamaludin Al Atjehi, Lc.

=============

Sumber:Panduan lengkap dan praktis “Adab dan Akhlak Islami” berdasarkan Al Quran dan As Sunnah”, karya: Majid Sa’ud Al Ausyan
------------
Artikel: www.elmajalis.com

Tidak ada komentar:

Like and Share

test banner

Halaman