Laki-Laki Usia 15 Tahun, Bolehkah Menjadi Mahram? - El Majalis

Breaking

Koleksi Sifa

April 21, 2018

Laki-Laki Usia 15 Tahun, Bolehkah Menjadi Mahram?

Salah satu bentuk penjagaan Islam terhadap kehormatan wanita adalah mengharuskan adanya mahram yang mendampinginya apabila seorang wanita ingin melakukan safar atau ingin dinazhor (dilihat oleh calon suami). Nah, yang menjadi permasalahannya adalah berapakah batas usia minimal seseorang bisa menjadi mahram ? bolehkah seorang lelaki menjadi mahram bagi ibunya atau saudarinya padahal dia masih berumur 15 tahun ? untuk menjawab pertanya tersebut, mari kita simak fatwa ulama berikut ini.
--------------------------------
-----------------------------------------
Soal: Apakah diperbolehkan bagi seorang  laki-laki yang sudah berusia 15 tahun menjadi mahram bagi ibu dan saudarinya ? Jazakumullahu khairan

Jawab: Para ulama telah menjelaskan bahwa diantara syarat menjadi mahram adalah baligh dan berakal. Apabila usia seorang laki-laki sudah mencapai 15 tahun atau sudah tumbuh bulu di sekitar kemaluannya atau sudah keluar mani karena mimpi (mimpi basah) atau selainnya, maka dia sudah dihukum baligh dan sudah sah menjadi mahram jika dia berakal. Dengan demikian orang yang sudah mencapai 15 tahun dari usianya sah menjadi mahram bagi saudari dan ibunya.
كتاب الدعوة (5)، ابن عثيمين (2|112،123(
Sumber:
"غاية المرام من نفحات علماء البلاد الحرام" الموسوعة الأحكام الشرعية في المسائل العصرية
جمع وترتيب: أبي عبد الرحمن عادل بن سعد
دار الهيثم
----------------------------------------
Artikel: www.elmajalis.com

Tidak ada komentar:

Like and Share

test banner

Halaman