Ternyata Pahala Berwudhu' Itu Sungguh Luar Biasa - El Majalis

Breaking

Koleksi Sifa

April 18, 2018

Ternyata Pahala Berwudhu' Itu Sungguh Luar Biasa


Sahabat elMajalis yang budiman. Sebagaimana yang sudah dimaklumi bersama bahwa wudhu’ merupakan salah satu ibadah rutin yang yang dilakukan oleh seorang muslim sebelum mendirikan sholat karena wudhu’ itu termasuk diantara salah satu dari syarat-syarat sahnya sholat seseorang. Artinya tidak sah sholat seseorang tanpa berwudhu’.

Perlu kita camkan bahwa berwudhu’ bukanlah hanya rutunitas belaka yang dilakukan setiap hari minimal lima kali. Tapi lebih dari itu, ia merupakan ibadah yang penting dan memiliki keutamaan dan keistimewaan di sisi Allah swt. 

Oleh karena itu hendak ketika seorang muslim atau muslimah berwudhu’ hendaklah dia menghadirkan dalam hatinya bahwa ia sedang melaksanakan perintah Allah dan Rasul-Nya serta meyakini akan keutamaan yang akan diraihnya jika dia melakukan wudhu’ dengan baik sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah shollallahu alaihi wasalam

Agar lebih jelas tentang sebesar apakah pahala yang dijanjikan bagi seseorang yang berwudhu’? silahkan simak beberapa hadist berikut ini semoga bisa menambah ilmu dan semangat dalam memperbagus wudhu’ kita.

« مَنْ تَوَضَّأَ هَكَذَا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَكَانَتْ صَلاَتُهُ وَمَشْيُهُ إِلَى الْمَسْجِدِ نَافِلَةً ».  
“Barangsiapa berwudhu’ seperti ini (sesuai contoh dari Rasul) niscaya diampuni baginya dosa yang telah lalu, sholat dan berjalannya ke masjid dicatat sebagia pahala sholat sunnah.” (HR. Muslim)

« مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ خَرَجَتْ خَطَايَاهُ مِنْ جَسَدِهِ حَتَّى تَخْرُجَ مِنْ تَحْتِ أَظْفَارِهِ ».
“Barangsiapa berwudhu’ lalu dia memperbagus wudhu’nya niscaya gugurlah kesalahan-kesalahannya dari tubuhnya sampai dari bawah kuku-kukunya.” (HR. Muslim)

« إِذَا تَوَضَّأَ الْعَبْدُ الْمُسْلِمُ - أَوِ الْمُؤْمِنُ - فَغَسَلَ وَجْهَهُ خَرَجَ مِنْ وَجْهِهِ كُلُّ خَطِيئَةٍ نَظَرَ إِلَيْهَا بِعَيْنَيْهِ مَعَ الْمَاءِ - أَوْ مَعَ آخِرِ قَطْرِ الْمَاءِ - فَإِذَا غَسَلَ يَدَيْهِ خَرَجَ مِنْ يَدَيْهِ كُلُّ خَطِيئَةٍ كَانَ بَطَشَتْهَا يَدَاهُ مَعَ الْمَاءِ - أَوْ مَعَ آخِرِ قَطْرِ الْمَاءِ - فَإِذَا غَسَلَ رِجْلَيْهِ خَرَجَتْ كُلُّ خَطِيئَةٍ مَشَتْهَا رِجْلاَهُ مَعَ الْمَاءِ - أَوْ مَعَ آخِرِ قَطْرِ الْمَاءِ - حَتَّى يَخْرُجَ نَقِيًّا مِنَ الذُّنُوبِ ».
“Apabila seorang hamba muslim atau mukmin  hendak berwudhu’ lalu dia mulai membasuh wajahnya niscaya gugurlah setiap dosa yang dilihat oleh kedua matanya bersamaan dengan air atau bersamaan dengan tetesan terakhirnya. Kemudian apabila dia membasuh kedua tangannya niscaya gugurlah setiap dosa yang dilakukan oleh tangan bersamaan dengan air atau tetesan terakhirnya. Kemudian apabila dia membasuh kedua kakinya niscaya gugurlah setiap dosa yang dilakukan oleh kedua kakinya bersamaan dengan air atau bersamaan dengan tetesan terakhir dari air wudhu’ tersebut hingga dia keluar dalam keadaan suci/bersih dari dari dosa-dosa.” (HR. Muslim)

Apakah dosa yang dimaksud dalam hadits-hadits di atas adalah semua dosa termasuk dosa besar ?

Para ulama menjelaskan bahwa maksud gugurnya dosa dalam hadits di atas adalah hanya dosa-dosa kecil saja. Mereka berdalil dengan hadits berikut:
« الصَّلَوَاتُ الخَمْسُ، وَالجُمُعَةُ إِلَى الجُمُعَةِ ، وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ ، مُكَفِّراتٌ مَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتُنِبَتِ الكَبَائِرُ » . رواه مسلم .
“Sholat lima waktu, antara sholat Jumat ke Jum’at berikutnya dan antara Ramadhan ke Ramadhan berikutnya adalah pelebur dosa selama dia meninggalkan dosa-dosa besar. (HR. Muslim)

Subhanallah.. sungguh betapa besarnya keutamaan yang diraih oleh seorang muslim ketika dia baru berwudhu’. Bagaiamana dengan pahala yang akan dia raih jika dia melakukan sholat setelah itu...!? Allahu Akbar..!

Demikian paparan singkat tentang keutamaan wudhu’ berdasarkan hadits-hadits yang shahih. Semoga bermanfaat..!!

Oleh: Ahmad Jamaludin Al-Atjehi, Lc

Referensi:
   1.  Riadhus Sholihin, karya Imam An Nawaw 
   2. Syarah Riyadhus Sholihin (  تطريز رياض الصالحين), Karya: فَيْصَلْ بنِ عَبْدِ العَزِيْزِ آل مُبَارَك

IG: el_majalis
Fb: Elmajalis


Tidak ada komentar:

Like and Share

test banner

Halaman