Pingsan Berhari-Hari, Wajibkah Dia Mengqodho Sholatnya Setelah Sadar ? - El Majalis

Breaking

Koleksi Sifa

Mei 03, 2018

Pingsan Berhari-Hari, Wajibkah Dia Mengqodho Sholatnya Setelah Sadar ?



Sahabat elMajalis. Ketahuilah bahwa meninggalkan shalat karena uzur dalam kondisi tidak mengetahui seperti pingsan. Maka dalam kondisi seperti ini, kewajiban shalatnya jatuh. Maka dia tidak harus mengqadhanya.

Para ulama Al-Lajnah Ad-Daimah ditanya, "Saya mengalami kecelakaan, lalu saya tidak sadarkan diri selama tiga bulan di Rumah Sakit, dan selama itu saya tidak shalat. Apakah gugur kewajiban shalat dariku atau saya harus mengulangi semua shalat yang telah lalu?"
Mereka menjawab, "Kewajiban shalat telah gugur pada diri anda pada waktu yang disebutkan selagi anda tidak ingat apa-apa pada masa tersebut."

Mereka juga ditanya, "Kalau seseorang pingsan selama sebulan dan tidak melakukan shalat pada masa tersebut. Kemudian siuman setelah itu, bagaimana mengulangi shalat-shalat yang terlewatkan?"
Mereka menjawab, "Tidak perlu mengqado’ shalat yang telah ditinggalkan pada masa itu. karena dia termasuk (terkena hukum seperti) orang gila. Seperti kondisi yang disebutkan. Sementara orang gila terangkat pena (kewajibannya)." 

(Fatawa Al-Lajnah Ad-Daimah, 6/21) 

Artikel:

www.elmajalis.com

 


Tidak ada komentar:

Like and Share

test banner

Halaman